Vaksin Corona Untuk Lansia, Ibarat Jas Hujan Di Kala Hujan Lebat

Kini kehidupan publik berangsur normal, tapi prokes tetap dijalankan. Untuk lansia yang pasif dan tidak banyak kontak dengan masyarakat umum, kata Wiwik, akan ditunda sementara, dan nantinya akan masuk ke prioritas pemberian vaksinasi Covid-19 lansia berikutnya. Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Bachtiar menyebut masing-masing fasilitas kesehatan di Lebak telah memiliki knowledge lansia calon penerima vaksin berdasarkan data hasil koordinasi dengan pos pembinaan terpadu lansia.

Vaksinasi perdana bagi lansia telah dilakukan terhadap tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun pada Senin 8 Februari lalu. Total yang akan divaksinasi mencapai eleven,6 ribu orang di seluruh Indonesia. Hal ini untuk melindungi dan memberikan keamanan bagi seluruh tenaga kesehatan tanpa terkecuali, termasuk lansia. Lebak, IDN Times – Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak telah menerima vaksin COVID-19 untuk masyarakat lanjut usia .

Selain itu program vaksinasi drive thru ini free of charge dan tidak dipungut biaya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. Layanan ini sudah dibuka mulai sejak Rabu (three/three/2021) lalu dan akan terus berlangsung hingga akhir 2021 mendatang. Melansir laman Setkab vaksinasi beroperasi setiap hari dengan jam pelayanan dari pukul 09.00 WIB hingga sixteen.00 WIB. Para lansia ber-KTP DKI Jakarta cukup mendaftarkan diri melalui layanan aplikasi kesehatan Halodoc. Selain itu, Wiku menambahkan, warga lansia yang ber-KTP DKI Jakarta dapat mengakses suntikan vaksin Covid-19 secara drive through di lapangan parkir Hall C Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jutaan kelompok lansia dan petugas publik jadi prioritas penerima di tahap ini. Serbia, salah satu negara bekas Yugoslavia dengan populasi 7 juta orang juga ngebut dengan program vaksinasi massal. Kuotanya mencapai 22 per a hundred orang (posisi four/3/21) Menteri kesehatan Serbia, Zlatibor Loncar secara simbolis mendapat vaksinasi anti Covid-19 buatan Sinopharm, Cina di Beograd akhir Januari silam. Lawancorona Batam – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, menyambut gembira vaksinasi bagi masyarakat kelompok lanjut usia di Batam. Dengan dimulainya vaksinasi tersebut, kini para lansia sudah terlindungi dari virus corona. Ia menambahkan, setelah calon peserta mengisi daftar tersebut, seluruh knowledge akan masuk ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan dilakukan penjadwalan dan petunjuk lokasi pelaksanaan vaksinasi.

Penyuntikan vaksin akan dilaksanakan di dalam ruangan IGD non infeksius, dan observasi pasca vaksinasi untuk melihat kejadian ikutan pasca imunisasi , misalnya mengetahui apakah ada alergi atau tidak pada penerima vaksin. “Alhamdulillah, selama vaksinasi ini, KIPI sedang hingga berat tidak ada,” katanya. Rumah sakit menyediakan satu tenda untuk tempat menunggu penerima vaksin. Begitu juga tenaga kesehatan yang bertugas, mereka pun turut dilengkapi dengan penutup kepala dan pakaian alat pelindung diri . Untuk saat ini, pendaftaran bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki KTP domisili di ibu kota provinsi.

Kondisi kelelahan karena kerentaan umumnya terjadi karena berkurangnya daya tahan tubuh seorang lansia tersebut. Kementerian Kesehatan sendiri telah menyatakan pemberian vaksin Covid-19 bisa dilakukan dan saat ini memang tengah didistribusikan secara massal. Namun untuk bisa mendapatkan, seorang lansia harus memenuhi syarat vaksin Covid-19 yang telah ditentukan. Orang-orang lanjut usia yang berusia di atas 59 tahun lebih rentan terpapar Covid-19. Namun di sisi lain, masih banyak ketakutan mengenai boleh tidaknya para lansia untuk menerima vaksin Covid-19.

Vaksinasi bagi Lansia

“Karena mereka tidak banyak kontak dengan orang lain, maka pemberian vaksinasi akan dikelompokkan ke tahap selanjutnya,” katanya. Kendati demikian, Wiwik mengatakan untuk pemberian vaksin bagi lansia berikutnya atau vaksinasi tahap kedua, dengan pertimbangan syarat yang harus diterapkan secara ketat. Capaian itu masih rendah karena target dari pemerintah untuk Sumbar sebanyak 442.333 jiwa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Ary Yuswandi, Senin (29/3/2021).

Untuk warga Sragen yang berusia lebih dari 60 tahun dapat mendaftarkan melalui web site dinkes.sragenkab.go.id. Serta mengisi formulir pendaftaran vaksinasi COVID-19 pada bagian atas halaman. Sebelum vaksinasi, warga dihimbau mendaftarkan keluarganya yang lansia untuk ikut vaksinasi melalui website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen. Setelah itu lansia akan menerima SMS notifikasi dan penjadwalan vaksinasi beserta lokasi Fasilitas Kesehatannya. SRAGEN – Sejumlah kelompok lanjut usia diatas usia 60 tahun Kabupaten Sragen mulai menerima suntikan vaksin covid-19, Jumat (5/three/2021).

Sementara itu, pemberian vaksin sinovac untuk lansia memiliki rentang waktu 28 hari. Dengan adanya hyperlink yang baru ini, kata Nadia hyperlink lama sudah tidak dapat dilakukan lagi. Bagi peserta lansia yang sudah mengisi di hyperlink lama tersebut, maka tidak perlu khawatir karena knowledge akan tersimpan aman di Dinas Kesehatan Provinsi peserta tinggal.

Pemerintah juga memastikan bahwa tenaga kesehatan dan vaksinator yang terlibat dalam vaksinasi telah terlatih dan berkompeten. Untuk mengantisipasi terjadinya KIPI, di setiap pos pelayanan vaksinasi telah menetapkan contact person yang bisa dihubungi jika ada keluhan dari penerima vaksinasi. Pelaporan dilakukan dari fasyankes ke Puskesmas, lalu dari Puskesmas maupun RS akan melaporkan ke Dinkes Kab/Kota. Setelah peserta mengisi data di website tersebut, seluruh knowledge peserta akan masuk dinas kesehatan provinsi masing-masing.