Tarif Tes Swab Covid

Selanjutnya Prof Kadir meminta semua dinas kesehatan mengawasi pelaksanaan aturan harga swab take a look at tertinggi di wilayahnya. Pemerintah telah menetapkan harga swab take a look at dan pemeriksaan RT-PCR sebesar Rp 900 ribu. Aturan harga swab check tertinggi diterapkan setelah keluar surat edaran dari Kementerian Kesehatan . RS Yarsi juga menyediakan fasilitas PCR swab take a look at dengan harga rujukan Kementerian Kesehatan yakni maksimal Rp 900 ribu bagi masyarakat yang ingin melakukan test swab PCR secara mandiri.

Lokasi test swab Jakarta yang pertama adalah Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Laboratorium yang berlokasi di kota Depok, Jawa Barat ini mengaku menangani 1.500 sampel tes corona atau Covid-19 setiap harinya. Laboratorium Klinik Cito mematok tarif Rp900 ribu untuk tes PCR swab dan hasilnya bisa didapatkan maksimal 4 hari kerja.

Kartika Hospital menggandeng Grab Health untuk mendapatkan layanan fast take a look at 24 jam, harga sebesar Rp110.000. Kartika Hospital juga menggandeng Halodoc untuk layanan speedy take a look at 24 jam sebesar Rp150.000. Sejumlah rumah sakit di Jakarta , Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi membuka layanan rapid test dan swab PCR Covid-19 untuk masyarakat.

Dia menuturkan, harga yang ditetapkan Kemenkes juga sudah cukup fleksibel. Dengan harga segitu, diharap masyarakat sudah mau berinisiatif untuk melakukan tes sendiri apabila yang disediakan oleh Pemkot Bekasi antre. Cara pengujian memakai teknik TCM dilakukan dengan menggunakan sampel dahak pasien. Pengujian ini memerlukan adanya cartridge khusus agar bisa mendeteksi virus Corona di dalam sampel. Diagnosis virus Corona melalui TCM dilakukan dengan metode amplifikasi asam nukleat.

Harga swab PCR termurah

Pemeriksaan fast check bisa dilakukan di fasilitias pelayanan kesehatan atau di luar itu selama dilakukan oleh tenaga kesehatan. Rapid check menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mendeteksi terinfeksi Covid-19. Selanjutnya, hasil pemeriksaannya harus tetap dikonfirmasi melalui pemeriksaan PCR.

Selain tes PCR, rumah sakit ini juga menyediakan layanan fast check. Pemerintah tengah merancang biaya tes polymerase chain response virus corona yang lebih murah dari saat ini. Hal ini dilakukan agar biaya tersebut tak memberatkan masyarakat dan merugikan swasta yang bergerak di bidang jasa laboratorium.

3M ini harus selalu Anda patuhi untuk melindungi diri sendiri maupun orang-orang terdekat Anda. Itu sebanya Anda perlu melakukan tes PCR untuk memastikan kembali. Tes ini berguna sebagai ‘alat’ skrining untuk mendeteksi antibodi IgM dan IgG yang dihasilkan tubuh ketika terpapar virus Corona. Sedangkan di Amerika Serikat harganya sekitar US$60 (Rp891.564) yang masih di bawah harga di Indonesia, hingga US$300 .

Tetap semangat dan jangan lupa konsisten menerapkan protokol kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik. Saat ini semakin banyak masyarakat yang terpapar oleh virus Covid-19 baik yang bergejala maupun tidak bergejala. Selain itu pemeriksaan untuk penegakkan diagnosa Covid-19 juga sangat diperlukan supaya yang terpapar langsung dapat diketahui dan segera mendapatkan penanganan Kesehatan yang tepat.

Menurutnya, harga itu sudah mempertimbangkan berbagai biaya yang diperlukan yaitu biaya jasa sumber daya manusia baik itu dokter spesialis, pengambil sampel, ataupun pengekstraksi dan pemeriksa sampel. Misalnya jika jadi ODP (karena habis bepergian atau tempat kerja / komplek rumah jadi kluster karena ada yang positif) atau jika benar-benar butuh check COVID untuk bepergian ke luar daerah. Sebelumnya, sebut dr Nuzelly, tes swab awalnya Laboratorium Biomolekuler RSUD hanya difokuskan untuk memeriksa pasien dalam pengawasan di Riau.