Strategi Agar Kerja Dan Kuliah Berjalan Mulus

Meski sembari bekerja, pastikan nilai kamu di kampus tidak bermasalah. Unduh aplikasi Rencanamu sekarang, tuntaskan semua kegalauan dengan mengetahui minat dan potensi terbaikmu, hingga jurusan kuliah yang kamu banget. Tuntaskan semua kegalauan dengan mengetahui minat dan potensi terbaikmu. Cari tahu sekarang dan dapatkan rekomendasi jurusan kuliah yang kamu banget.

di akhir pekan selalu menjadi hal yang didambakan para pekerja. Setelah disibukkan dengan tugas-tugas kantor, liburan dan kegiatan berkumpul dengan teman menjadi cara untuk menghilangkan penat. Kamu juga bisa melakukan negosiasi jam kerja dengan perusahaan. Ceritakan ke atasan kalau kamu sedang mengambil kuliah di malam hari setelah jam kerja. Memiliki manajemen waktu yang baik tentu dibutuhkan bagi karyawan yang bekerja sambil kuliah.

Jika ajakan itu memang tak terlalu penting, ketegasanmu untuk menolak sangat diperlukan. Sebagai orang yang terbilang sibuk, kamu memang harus punya prioritas dalam memilah mana kegiatan yang mendesak dan mana yang kurang. Selain membuat kegiatan menjadi efisien, kamu juga harus disiplin waktu. Menunda pekerjaan karena sesuatu yang ga urgent banget dan ngaret, sudah pasti bikin jadwal kamu berantakan semua. Kalau kamu kerja dari jam 9 hingga 17, dan kuliah dari jam 19 hingga 21, kira-kira berapa banyak waktu luang kamu yang tersisa.

Berdiri sejak 2 Mei 1984 di Kota Bandung, saat ini Ganesha Operation telah tersebar di 265 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon. Mengikuti Cakap Upskill, melatih kita untuk menulis, memperkaya pengetahuan kita untuk banyak diskusi, dan belajar mengeluarkan opini. Selama 6 bulan ini, Cakap sudah membantu saya bisa jadi juara dan memperoleh nilai HSK yang tinggi. Saya lihat anda memiliki ketertarikan pada industri konstruksi. Jika anda ingin tahu lebih lanjut, saya di sii untuk berbincang dengan anda.

Mempraktikkan penetapan tujuan secara teratur dapat membantu Anda memahami dengan jelas apa yang perlu Anda capai untuk mencapai hasil tertentu. Untuk mencapai sasaran jangka panjang yang lebih besar, identifikasi sasaran pencapaian yang lebih kecil di sepanjang jalan. Misalnya, jika Anda memiliki tujuan untuk dipromosikan dalam waktu enam bulan, Anda mungkin perlu menetapkan tujuan yang lebih kecil untuk meningkatkan keterampilan tertentu. Sasaran Anda harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbasis waktu. Kuadran Prioritas adalah satu diantara banyak metode manajemen waktu yang bisa secara sederhana kamu terapkan. Mengatur waktu secara efektif dan efisien tentu akan mempermudah hidup kita juga, dan secara tidak langsung akan membantu kita untuk memanajemen stres.

Namun, hal itu akan berjalan dengan lancar jika Anda bisa mengatur waktu dan keuangan dengan benar. Bersosialisasi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan kampus setelah hal akademik. Mahasiswa baru mendapatkan kesempatan untuk melihat kehidupan malam yang menyenangkan, terutama di kota-kota dimana pilihan hiburannya sangat banyak. Mereka menawarkan kesempatan-kesempatan bagus untuk melakukan pertemanan baru dan membentuk sebuah memori yang berharga di pikiran anda. Namun, ini bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan sehingga anda lupa bahwa anda adalah seorang mahasiswa.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Perhatikan pula bahwa kecepatan anda dalam belajar dan mengelola manajemen waktu belajar dapat berubah seiring dengan pertambahan semester. Hal ini terjadi karena anda sudah terbiasa, mengenal lingkungan lebih baik, mengenali kebiasaan diri sendiri, dan juga anda bertambah dewasa. Pastikan jadwal rutin mingguan anda itu terdiri dari perpaduan yang seimbang di antara komponen/kelompok di atas. Di titik inilah anda jarus belajar bijak untuk secara hati-hati tapi bersungguh-sungguh memilih mana yang menjadi prioritas pertama, kedua, dan seterusnya. Ingat, bahwa bagaimanapun anda sedang menjalani pendidikan tinggi sehingga sudah layak dan sewajarnya jika anda meletakkan aktivitas nomor 1 di atas di tempat tertinggi. Di sinilah makna penting dari keseimbangan, maksudnya anda harus belajar menyusun jadwal yang isinya seimbang di antara keempat kelompok di atas.

Anda harus tetapi berhalangan tidak hadir ketika kuliah karena ada kegiatan organisasi bukanlah sebuah pilihan yang bijak. Memanage waktu antara organisasi belajar dan aktivitas sosial merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Meski demikian, banyak dari kita yang saat hingga saat ini masih terkendala untuk membagi aktivitas akademik dengan organisasi kampus. Bila anda seorang aktivis, buatlah timeline atau daftar harian yang terangkum di dalam satu buku agenda harian. Biasakan membuat perencanaan dari kegiatan yang ingin dilakukan. Tulis semua jenis kegiatan dalam bentuk jadwal atau timeline mulai dari bangun tidur sampai beranjak ke tempat tidur.

Walaupun kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri, tapi kalau kamu boros bisa-bisa keringatmu terbuang begitu saja. Menghabiskan hari Anda dalam hiruk-pikuk aktivitas yang tidak tertata seringkali kurang berhasil, karena Anda membagi perhatian Anda diantara begitu banyak tugas yang berbeda tanpa prioritas. Manajemen waktu yang baik memungkinkan Anda bekerja lebih cerdas bukan lebih keras sehingga Anda dapat menyelesaikan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Bila anda belum terbiasa untuk bekerja dibawah tekanan, anda bisa membuat jadwal yang tidak terlalu ketat namun juga tidak terlalu fleksibel. Intinya anda harus dapat mengukur kemampuan diri anda sendiri supaya anda tidak keteteran nantinya. Organisasi kampus sangat penting untuk pengembangan pola pikir dan psychological. Saat mengikuti organisasi anda bisa mengeluarkan dan mengasah kemampuan yang terpendam dalam diri anda. Mahasiswa memiliki posisi dan peran sebagai social management, agent of change dan the longer term chief. Sebagai bagian dari kaum muda di dalam tatanan sebuah masyarakat, mahasiswa mau tidak mau akan terlibat langsung di dalam setiap fenomena sosial.

Erik