Menjamurnnya Usaha Kost

Untuk pajak kos-kosan, PPh Final dikenakan tarif sebesar 1% dari total pendapatan yang diterima selama 1 bulan. Properti Syariah D’ Graha hadir untuk kamu yang sedang bingung mencari properti untuk mengawali bisnis kosmu dengan harga yang terjangkau. Harga dari kisaran 60 Juta-an aja lohh, Kamu sudah bisa menjalankan bisnis kosmu. Bagi mahasiswa maupun pelajar, memiliki tempat kos merupakan salah satu penunjang di saat mereka menempuh pendidikan. Sebagai kota pelajar, Jogjakarta banyak terdapat tempat kos dengan berbagai fasilitas yang diberikan. Media mainstream hingga Media sosial pun ramai memviralkan maraknya penjualan kos2an yang terpampang di berbagai aplikasi jual beli.

Usaha kost-kostan

Memang kamar yang dimilikinya hanya sekitar 12 kamar saja, tetapi dijamin akan membuat siapapun betah. Bagaimana tidak, setiap kamarnya memiliki desain inside yang begitu kece. Fasilitas lengkap dan memiliki kelas VIP yang mirip banget dengan kamar lodge.

Anda bisa memperoleh passive income yang cukup menggiurkan sehingga bisa dikatakan usaha sewa kost merupakan resolusi bisnis yang tepat untuk dilakukan tahun ini. Dari sini dapat disimpulkan bahwa, usaha kos-kosan baik dalam jumlah yang kecil maupun besar tetap dikenakan pajak. Jika melihat aturan untuk penyewaan, maka ada Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2017 yang telah mengatur mengenai Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Persewaan Tanah dan/atau Bangunan. Namun pada PP tersebut juga diterangkan bahwa penghasilan yang tidak termasuk adalah penghasilan dari jasa pelayanan penginapan beserta akomodasinya.

Berangkat dari hal ini, kami mempersembahkan tentang perlakuan pajak atas usaha rumah kost yang diampu oleh Widyaiswara Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Bapak Irawan Purwo Aji. Hotel dalam peraturan tersebut juga diartikan sebagai motel, losmen, rumah penginapan maupun rumah kos (kos-kosan) dengan jumlah ruang tidur atau kamar lebih dari sepuluh. Sehingga bisa dipahami bahwa usaha kos-kosan yang dikenai pajak adalah usaha kos dengan skala yang cukup besar yaitu memiliki jumlah kamar lebih dari sepuluh. Berbekal pengalaman tinggal di rumah kost-kostan dahulu, Ririn mempunyai konsep kost-kostan yang murah, aman, nyaman, simple, dan lucu. Aman dan nyaman itu nomor satu untuk sebuah hunian kost-kostan. Sedangkan simple, dia ingin bangunannya nanti tidak terlihat rumit.

Dengan demikian, maka tidak heran jika ada pajak kos-kosan yang diwajibkan bagi pelaku usaha jenis ini. Biasanya, usaha ini menyasar pada pendatang dari luar daerah yang memerlukan tempat tinggal dalam waktu yang tertentu. Kos-kosan saat ini dibangun dengan berbagai tipe, mulai dari fasilitas yang standar sampai yang eksklusif.

Anda bisa menyuruh atau menugaskan karyawan untuk bersih-bersih rumah, membayar tagihan listrik, membersihkan kamar mandi dan pengelolaan sampah. LATAR BELAKANGUsaha kost-kostan adalah usaha yang sangat menguntungkan. Karena harga tanah yang terus naik akan mempengaruhi harga kost perbulannya. Banyaknya pelajar mahasiswa yang berasal dari luar daerah menjadikan saya memperoleh keuntungan darinya. Selain penghasilan yang terus mengalir setiap bulannya, sebagaiusaha jangka panjang, dengan usaha kost-kostan bisa menikmati keuntungan dengan naiknya nilai tanah.

Kebijakan-kebijakan baru tersebut menimbulkan reaksi negatif dari Wajib Pajak, yaitu orang atau badan pemilik rumah kost yang telah lama terbiasa tidak membayar pajak berdasarkan peraturan baru tersebut. Namun, belakangan ini pengenaan pajak terhadap rumah kost menjadi isu yang banyak diperbincangkan masyarakat. Secara yuridis, pajak kost-kostan diatur dalam Pajak Hotel dan Restoran , termasuk dalam pajak-pajak daerah yang diatur dalam Peraturan Daerah masing-masing provinsi di Indonesia.

Kost yang memiliki fasilitas AC dihargai dengan finances 1 juta dan yang tanpa AC dengan finances 700 ribu. Begitu juga kalau Anda mencari goal mereka pekerja, maka bisa memilih lokasi yang dekat dengan perkantoran. Kalau target Anda mahasiswa, maka Anda bisa mencari lokasi yang berada di dekat kampus.

Lebih baik jika kamu berbagi tugas dengan orang lain yang kamu percaya. Sembari menunggu dana terkumpul, mereka membutuhkan hunian yang layak, dan mengontrak rumah adalah salah satu opsi yang paling sering dipilih. Harga sewa kontrakan umumnya mengalami kenaikan paling tidak sebesar 5% per tahun.

Belum lagi banyaknya bangunan yang masih dalam proses pembangunan untuk dijadikan kost kostan juga. Mulai dari kamar yang terkecil dengan kamar mandinya berada diluar yang dipergunakan secara bersama sama dengan penghuni kost yang lainnya. Atau juga kamar yang agak besaran yang kamar mandinya didalam kamar masing masing penghuni kost. Usaha kos-kosan merupakan salah satu bisnis properti yang memberikan omset cukup besar.