Langkah Awal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Terkena Corona Â

Isolasi mandiri adalah tindakan penting yang dilakukan oleh orang yang memiliki gejala COVID-19 untuk mencegah penularan ke orang lain di masyarakat, termasuk anggota keluarga. tirto.id – Gejala virus corona akan muncul setelah 2-14 hari masa inkubasi virus di dalam tubuh. Gejala ringan berupa demam disertai batuk, sesak napas, nyeri sendi, hingga diare. Akan tetapi, ada juga orang yang tidak merasakan gejala tersebut dan hanya merasa tidak enak badan.

Jika yang terinfeksi adalah dirimu sendiri dan kamu tinggal sendiri, maka mengatur isolasi tidak terlalu sulit. Tantangan yang dihadapi adalah terus memantau gejala dan merawat dirimu sendiri. Pastikan memiliki perencanaan untuk mendapatkan makanan dan obat-obatan yang diantar ke rumahmu dan cari seseorang yang bisa membantumu memeriksa keadaan secara rutin. Sayangnya, hal ini akan sulit dilakukan bagi keluarga dengan rumah sempit atau memiliki anak di dalam rumah. “Jika ada orang tua atau orang dengan imunitas lemah di rumah, kamu mungkin perlu melalukan isolasi di rumah terpisah,” kata Altmann. Sebagai tambahan dalam cara penanganan virus corona jika Anda sakit, melansir dari health.harvard.edu, WHO menyarankan agar tidak menggunakan ibuprofen untuk gejala COVID-19.

Orang Dalam Pemantauan yang memiliki gejala demam/gejala pernafasan dengan riwayat dari negara/area transmisi lokal, dan/atau orang yang tidak menunjukkan gejala tapi pernah memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Detri kaget begitu hasil tesnya yang keluar pada 20 Maret itu menyatakan dirinya positif Covid-19. Karena tak menunjukkan gejala sesak nafas, demam, dan batuk kering, akhirnya ia memutuskan untuk isolasi mandiri di rumah. Jumlah kasus orang positif Covid-19 tanpa gejala diperkirakan mencapai 60 persen dari kasus positif yang ada. Mereka bisa melakukan isolasi mandiri di rumah dengan sejumlah protokol.

Selain pencegahan yang telah disebutkan, maka wahana yang paling berpotensi untuk dapat menghindari penyalahgunaan narkoba adalah dari lingkungan keluarga. Sedangkan Zat adiktif yaitu Yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman yang menyebabkan ketergantungan dan menurunkan susunan syaraf pusat. Sementara itu, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan vaksinasi bagi atlet memiliki pengaruh yang sangat besar. Mengutip CDC, Rabu (31/3/2021) sesuai dengan panduan yang dikeluarkan oleh Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, penyimpanan masker yang tepat dipisahkan dalam dua kategori, pertama untuk masker yang sudah basah atau kotor. Lalu yang kedua adalah untuk masker yang tidak basah dan tidak kotor alias bersih.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization , isolasi mandiri ini dapat direkomendasikan untuk individu yang diyakini telah terpapar Covid-19, tetapi tidak bergejala. Pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah sudah menyiapkan sejumlah tempat atau rumah sakit rujukan untuk merawat mereka yang positif terjangkit pandemi itu. Memang, tak semua orang yang terjangkit harus dirawat di rumah sakit. Rumah sakit biasanya akan memprioritaskan mereka yang terpapar virus namun disertai dengan penyakit penyerta, seperti diabetes, jantung, kanker, paru kronik, AIDS, penyakit autoimun, dan lainnya.

Langkah tepat jika terkena Covid

Setidaknya minum 8 gelas air atau sekitar 1.5 liter setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh selalu tercukupi. Karen Fleming, seorang profesor Biofisika dari John Hopkins University melalui akun Twitternya, dikutip Forbes, menjelaskan virus corona merupakan virus yang terbungkus oleh lapisan lemak. Air sabun atau hand sanitizer mampu untuk melarutkan lapisan lemak tersebut sekaligus membasmi virus corona. Kelima, tutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku saat batuk maupun bersih. Jika batuk dan bersin terus-menerus, sebaiknya istirahat di rumah. “Diharapkan bakteri di tangan dan virus dapat menghilang tersapu air,” kata Meldy.

Bapak/Ibu Guru bisa berkoordinasi dengan petugas kebersihan sekolah untuk memastikan tersedianya sabun untuk cuci tangan. Selain itu, imbauan kepada siswa untuk lebih sering cuci tangan juga perlu dilakukan. Mengingat, para siswa kadang lupa untuk menjaga kebersihan tangan selepas jajan di kantin atau melakukan kegiatan lainnya. Munculnya kasus positif Covid-19 atau Corona Virus di Indonesia menjadi berita yang mengkhawatirkan. Gejalanya yang samar dan penularannya yang cepat membuat banyak orang was-was untuk bepergian, terutama menggunakan transportasi umum atau ke tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian. Untuk berjaga-jaga jika tidak ingin keluar rumah, kamu bisa mulai untuk menyimpan bahan makanan maupun obat yang dibutuhkan di rumah.

Terkait hal itu, karyawan yang positif COVID-19 atau Orang Dalam Pantauan berhak mendapatkan gaji selama menggunakan surat keterangan dokter yang menangani si karyawan di rumah sakit. Selain itu, perusahaan juga harus memperketat protokol kesehatan seperti menyemprotkan disinfektan, contact tracing, hingga meminta karyawan untuk melakukan karantina mandiri dan rapid take a look at. Bagaimana isolasi mandiri dikatakan berhasil dilakukan atau perlu terus diwaspadai. Segera hubungi fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit memburuk untuk dirawat lebih lanjut. Lakukan pengukuran suhu harian dan observasi gejala klinis seperti batuk atau kesulitan bernapas. Gunakan kamar terpisah di rumah dari anggota keluarga lainnya.