Ini Dia Cara Memulai Usaha Sendiri

Mulailah bisnismu semuda mungkin karena dengan begitu kamu punya kesempatan yang lebih banyak untuk gagal. Kamu akan punya kesempatan yang lebih besar pula untuk sukses. Tidak hanya soal penghasilan, kamu juga harus pintar-pintar menyiasati keterbatasan dana. Kamu harus memutar otak agar bisa mendapatkan modal yang cukup untuk mulai usaha dan memastikan agar di akhir proses akan ada keuntungan yang signifikan bagi pengembangan usaha.

Ia memilih untuk membangun Traveloka bersama dengan tim kecilnya. Berkat pengalaman buruknya memesan tiket pesawat dari Boston ke Seattle dan ke Padang, ia akhirnya mengembangkan Traveloka dengan sangat lancar. Hobi itu yang kemudian memberikan seorang Nadiem Makarim ide untuk memulai usaha startup hingga bisa memajukan sistem transportasi di Indonesia. Meski dibilang hebat karena bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat, perjuangan Nadiem melebarkan Go-Jek tidaklah semudah yang dibayangkan. Perempuan yang satu ini memulai usaha penerbitan buku Stiletto Book tahun 2011.

Solopos.com, JAKARTA – Setiap anak layak mendapatkan kamar tidur sendiri di dalam rumah. Bahkan ketika harus berbagi kamar dengan saudara kandungnya, penting bagi anak-anak untuk memiliki setidaknya kendali atas tampilan dan nuansa ruangnya. Solopos.com, JAKARTA – Menghias kamar yang letaknya tidak mudah terkena sinar alami dari cahaya matahari karena terletak di lantai dasar, tidak berjendela, atau berukuran sempit memang tidak mudah. Namun, dengan dekorasi yang tepat bisa membuat kamar lebih nyaman dan menyenangkan. Dikutip dari curbed.com, penggunaan lampu hias yang dihadapkan ke cermin bisa membuat kamar yang sempit dan gelap lebih cerah dan bercahaya.

Tips pertama adalah jangan terpatok di modal yang besar dan hendaknya jika mulai bisnis dimuali dari kecil. Mungkin saat masih bekerja di korporasi, kebiasaan mengelola uang masih belum begitu rinci, lantaran tak perlu menyiapkan modal atau mengatur siklus keuangan sebagaimana dalam berwirausaha. Namun, saat usaha sendiri, keuangan dituntut untuk diatur secara efisien, agar laba yang diperoleh tidak lebih sedikit dari kerugian yang dialami. Prinsip kehati-hatian itulah yang kemudian membuat siapapun yang usaha sendiri lebih piawai mengatur keuangan.

Jadi, saya yang menulis cerita, dia yang menggambar sesuai dengan tema cerita yang memang saya pikir dibutuhkan untuk anak-anak Indonesia. Berawal dari riset mengenai komunikasi antara orang tua dengan anak-anak , Devi Raissa menemukan kalau membaca buku pun bisa menjadi salah satu solusi dari permasalahan orang tua dengan anaknya. Akan tetapi, Ia mendapatkan keluhan dari para orang tua kalau buku bacaan di Indonesia kurang bervariasi dan kalaupun ada memiliki harga yang cukup tinggi. Beberapa di antaranya adalah kosmetik, asesoris gadget, produk bayi, perlengkapan rumah tangga, pakaian dan makanan sehat. Nah, untuk memulai bisnis, kamu perlu melakukan survei terhadap supplier.

Merintis usaha sedari dini

Tak jarang juga muncul rasa bangga dalam diri jika kita berhasil mendapatkan produk preloved branded yang bagus dengan harga murah. Hingga sekarang, dengan segala pasang surut implementasinya, Shell tetap memanfaatkan pendekatan ini dalam rumusan strategi usaha masa depan. Ihwal pengelolaan dan pengolahan knowledge, ternyata tak sesederhana yang kita bayangkan.

Menurutnya, kreasi coklat di tahun mendatang akan lebih variatif. Untuk dekorasi makanan seperti kue pun, tema seperti bunga dan kartun akan banyak dipilih. Beragam kue lain seperti Cheese Cake, Choco Ball, Strawberry and Chocolate Cake, dan Green Tea, akan menghiasi deretan makanan pilihan di tahun depan. Ia pun menambahkan bahwa sebenarnya seni dekorasi tak hanya untuk coklat, Foundant dan Icing Sugar pun akan tetap dipilih sebab kesan elegan dan rapih masih akan disukai.

Karena teknologi sudah sangat dekat dengan kita, kamu bisa banget melakukan promosi melalui media sosial. Mulai dari nama bisnis, tagline, hingga produk harus tercantum jelas dan terdengar bagus di media sosial. Pilih warna, grafis, dan jenis huruf yang mendukung citra bisnismu. Ulangi dan perbaiki terus sampai produkmu sempurna dan mendapat respons positif dari orang-orang yang sudah mencoba produkmu. Jangan mudah sakit hati dan menyerah ketika diberi saran dan kritik. Membangun usaha sejak masih menjadi mahasiswa mungkin memang terdengar berat, terkhusus masalah pembagian waktu antara kuliah dan mengembangkan usaha.