Cara Mengenali Potensi Diri Agar Menjadi Sebuah Prestasi

Mengatasi rasa takut pada kritikan memang tidak mudah untuk dilakukan, tetapi jika kamu ingin hidup dengan positif dan ingin membangun kepercayaan diri kamu. Setiap orang kadang-kadang memiliki keraguan tentang diri sendiri, sehingga membuat merasa tidak aman, nyaman, bahkan tidak termotivasi. Membangun kepercayaan memerlukan waktu, ada yang bisa cepat ada juga yang lambat tergantung dari individu dan lingkungan sekitar. Untuk bisa memotivasi orang lain dengan baik, Anda harus tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para pengikut Anda. Pemimpin yang baik juga bisa mengenali potensi-potensi kesempatan yang bisa diambil untuk keuntungan organisasi dan orang-orang yang ada di dalamnya. Jangan menunggu sesuatu untuk terjadi, namun ciptakan hal tersebut, baca potensi masalah yang mungkin terjadi, dan tetapkan langkah-langkah untuk mencegah datangnya masalah tersebut.

Contohnya, di lowongan pekerjaan yang banyak beredar, perusahaan mewajibkan calon karyawannya untuk mampu berbahasa inggris. Ketika percaya diri dan keberanian mulai timbul, saatnya kamu melihat dan mendengar orang-orang yang punya ability public speaking yang baik. Kamu bisa melihatnya di berbagai media elektronik, seperti dengan menonton televisi, mendengar radio, atau melalui posting di berbagai media sosial.

Dengan kata lain, semua cara di dalam artikel ini bisa diterapkan oleh semua orang dari semua kalangan. Tidak peduli apakah dia seorang yang kaya atau miskin, karyawan atau manajer, semuanya sama. Jadi, selamat mencari tujuan hidup Anda ya, rekan-rekan Career Advice. Untuk membuat hidup kita menjadi lebih berarti, mulai dari sekarang kita perlu mempelajari hal-hal baru, meningkatkan pengetahuan dan mengasah segala kemampuan yang telah kita miliki sebelumnya.

Kreativitas adalah sebuah pengaliran ide yang masih berada dalam pikiran Anda menjadi sesuatu yang bisa disebut “karya”. Kreativitas juga merupakan kemampuan melihat asosiasi ketika orang lain tidak bisa. Sehingga dari sebuah kreativitas akan membuahkan inovasi, sesuatu yang benar-benar berbeda. Entah itu menciptakan produk baru atau solusi untuk suatu masalah.

Misalnya, kita semua bisa menulis, tetapi yang berbakat bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik daripada yang lainnya. Ketika bakat itu disertai dengan minat yang kuat, maka bakat itu akan berkembang lebih pesat dan berkualitas. Bakat itu akan mengundang kerinduan untuk melakukannya kembali, seperti energi yang mensuplai kebutuhan.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Kursus mungkin tidak cocok untuk beberapa orang, terutama jika Anda merasa hal yang terstruktur akan menghambat kreativitas Anda. Tapi kalau Anda merasa kurang arahan dalam pemikiran, cara kursus online ini boleh dicoba. Anda juga dapat belajar dari rekan dan saling melakukan review hasil pekerjaan agar mendapat sudut pandang yang baru mengenai ide Anda. Semua orang pernah mengalami satu hari atau mungkin ada beberapa dari kita memikirkan apa yang harus dilakukan pada hari itu.

Sebuah keberuntungan bagi yang terbiasa berbicara dengan diri sendiri. Self-talk adalah cara kita berdialog dengan inner voice diri sendiri yang diucapkan baik dalam hati maupun dengan suara lantang akan menjadi sebuah sugesti untuk diri . Daripada bergumam tidak jelas, latih saja kemampuan berbicara Anda ketika sedang sendirian di kamar.

Erik