Yuk, Latih Kesabaran Anak Untuk Menunggu!

Jika dibiarkan, hal ini akan berdampak pada cara interaksi anak dengan masyarakat di masa depan, serta membentuk pribadi yang apatis dan tidak berempati. Ketika si kecil tumbuh seperti itu, tentunya orang tua mulai khawatir. Sebab, ditakutkan sifat manja si anak ini akan terbawa hingga ia dewasa dan mempengaruhi perilakunya Slot Pragmatic saat bersosialisasi dengan orang lain. Kegiatan selanjutnya untuk melatih kesabaran si Kecil adalah dengan mengajak mereka menanam tanaman. Pertama-tama, Mama bisa tanyakan buah, sayuran, atau bunga apa yang mereka suka. Kemudian, ajak mereka ke toko tanaman untuk membeli bibit dan peralatan yang dibutuhkan.

Cara untuk melatih kesabaran terhadap anak

Semuanya harus disesuaikan dengan usia dan tumbuh kembang jiwa anak. Jangan bebani anak dengan mencatat kegiatan harianya secara panjang karena hal ini dapat membuat anak semakin merasa tertekan yang pada akhirnya dia enggan untuk melaksanakannya. Kalau dilakukan tidak menutup kemungkinan karena kesibukan, orang tua mampu membelikan namun tidak sempat mendampingi anaknya saat membaca atau membacakan isi buku tersebut.

Bermacam-macam bentuk gambar anak ayam masing-masing memiliki cara dan tahapan yang mudah untuk menggambarnya. Pada contoh cara menggambar anak ayam di bawah ini misalnya. Untuk menggambar setiap anak ayam pada gambar tengah, masing-masing dilakukan dengan tahapan seperti pada gambar paling atas di bawah ini.

Kamu pasti memiliki banyak mimpi untuk direalisasikan, bukan? Hal itu tentunya menjadi tantangan tersendiri untukmu dalam memperjuangkannya. Selain itu, kamu juga harus bisa menyiapkan diri untuk tetap bersabar ketika harapan tak sesuai ekspektasi.

Selain keluarga terdekat, bergabunglah dengan grup komunitas on-line dari para orangtua dengan anak autis, untuk saling berbagi pengalaman dan belajar mengenai pengasuhan anak ASD. “Support Network” yang bisa berupa keluarga terdekat – kakek-nenek, paman dan bibi si anak dari kedua belah pihak orangtuanya, akan sangat membantu memberi dukungan bagi orangtua dengan anak autis. Bila sekolah tidak bersedia atau tidak sanggup mengakomodir kebutuhan anak autis, maka pilihan lainnya yang ada untuk moms and dads adalah mengadakan homeschooling. Salah satu cara terbaik untuk mendidik semua anak adalah dengan membuat rutinitas yang jelas, dalam bentuk jadwal kegiatan sehari-hari yang punya aturan sendiri dan wajib ditaati seluruh penghuni rumah.

Jangan selalu memberikan semua hal segera sesudah si kecil meminta sesuatu. “Biarkan ia merasakan ketidaknyamanan menunggu karena hal itu adalah upaya yang harus ditempuh supaya anak berubah menjadi lebih baik,” kata Dr. Osit. Dengan tidak memberikan jus secepatnya, misalnya, Anda akan membantu mereka mengatasi ketidaksabarannya. Anak terkadang memiliki sifat yang tidak sabaran, bisa jadi ia akan berteriak-teriak dan membuat Moms malu atau tidak enak dengan orang lain.

Tantrum adalah bagian dari proses belajar anak untuk mempelajari kosakata seperti apa yang dapat membuat kebutuhannya terpenuhi dan mana yang tidak. Saat anak tantrum, kalian perlu tetap tenang, jangan terlalu banyak bicara, dan tawarkan beberapa kata yang meyakinkan dan pelukan hangat. Dengan begitu, anak akan belajar untuk menerima keputusan dan merasa lebih dekat orangtua. Anak-anak tak seperti orang dewasa yang sudah bisa mengenali dan mengelola perasaannya dan perkembangan emosi anak belum sempurna. Inilah mengapa anak bisa tiba-tiba mengamuk karena hal sepele dan mengalami tantrum. Jika orangtua tidak tahu penyebab anak tiba-tiba tantrum, biarkan dulu anak meluapkan emosinya selama beberapa saat.

Selain itu, batasi juga konsumsi kafein, terutama di sore dan malam hari. Anda juga tidak disarankan untuk makan berat 2 jam sebelum tidur. Setelah proses sabar itu terus diaplikasikan, maka akan membuahkan hasil dan memperoleh pengetahuan lebih tinggi dari ilmu yang dipelajari tersebut.

Erik