Ternyata Memulai Usaha Jadi Florist Tak Perlu Banyak Modal Kok, Ini Tipsnya

antvklik.com – Berbeda dari artis lainnya, Robby Purba memilih membuka usaha florist. Lem yang digunakan khusus untuk melekatkan bunga segar, warnanya bening dan aman apabila terkena kulit kamu. Untuk membantu proses produksinya, Nana juga mengajak ibu-ibu kompleks tempat tinggalnya untuk membuat potongan-potongan kain yang akan dijadikan kelopak. Sebelumnya mereka mengikuti pelatihan yang sesuai standar rumah produksi Nana.

Investasi berguna untuk meringankan dampak inflasi, meningkatkan jumlah kekayaanmu, dan persiapan masa depan. “Dalam setahun ini sudah three.000-an bucket atau senilai Rp 350 juta. Pendapatan tergantung di situ ada wisuda tiap kampus. Kadang orang nikahan, aku bikin juga mahkota-mahkota gitu,” ujar Yosefine. Dalam sebulan Yosefine bisa menjual bucket bunga, dengan omzet rata-rata Rp 20 juta- Rp 30 juta/ bulan. Bisnis yang baru dirintis sejak Agustus 2015 ini telah meraup omzet sekitar Rp 350 juta/tahun. Setidaknya terdapat tiga trik yang dapat dilakukan usahawan untuk mempersiapkan diri memasuki era pasca-pandemi. “Kami lebih mengutamakan penggunaan contemporary flower baik lokal maupun impor agar kualitas bunga tetap terjamin dan tidak layu saat digunakan,” ujar Inas.

Apakah harga produk Anda berdasarkan berapa tangkai bunga yang digunakan atau per buket bunga. bunga sendiri sudah menjadi kelengkapan di setiap second yang ada dari keindahan bentuk, warna bunga yang bervariasi, serta aroma bunga yang begitu kaya jenisnya. Namun bagaimana dengan rencana acara sejak adanya Covid di Indonesia jasa rangkaian bunga yang terus senantiasa hadir mempererat hubungan di tengah social distancing. Dalam bisnis ini pengusaha rangkaian bunga dituntut harus menyedikan bunga-bunga yang segar untuk konsumen.

Gunakan Instagram sebagai media sosial untuk melakukan promosi usaha. Upload karangan bunga dengan semenarik mungkin agar pelangan tertarik dengan usaha anda. Sediakan juga informasi tempat usaha dan kontak anda agar para pelanggan mudah untuk melakukan pemesanan karangan bunga. Kedua, anda harus merekrut karyawan yang bertugas merangkai bunga pesanan pelanggan.

Asalkan Anda mampu melakukan promosi dengan benar agar orang tahu tentang bisnis Anda. Meski di tempat kurang ramai, usahakan tetap tambahkan plang mengenai nama usahanya. Bekerja sebagai perancang atau florist sendiri tidak perlu harus ke kantor melainkan bisa dilakukan di rumah. Kurang lebih seperti karyawan swasta dan membangun usaha sendiri.

Ia mengatakan, saat merangkai bunga, mood-nya bangkit dan ia jadi tidak bosan. Pelan-pelan Irma merasa mampu menggali bakat terpendamnya lewat kegiatan ini. Selain itu, ia juga jadi makin percaya diri berkat pujian klien atas karyanya. “Mereka bilang, rangkai­an yang saya buat berbeda, lebih cantik, serta bunganya lebih tahan lama,” ujarnya bangga. Irma sama sekali tidak pernah membayangkan akan mendalami ilmu me­rangkai bunga.

Usaha merangkai bunga

Perempuan lulusan public relation London School ini akhirnya memutuskan mendalami teknik botanical. Bahkan, ia sampai belajar ke Jepang, Belanda hingga ke Amerika untuk bisa mendapatkan keterampilan mengeringkan bunga dengan baik. Tika juga memberikan sentuhan seni, sehingga bunga-bunga itu menjelma menjadi buket bunga yang indah untuk pengantin wanita atau korsase yakni bunga kecil yang disematkan di jas pengantin pria.

Enno mengaku merasa takut jika mengirimkan produknya ke luar kota karena bisa saja saat sampai tujuan ternyata buket bunganya rusak. Internet pun akhirnya memberinya kios baru sekaligus pasar baru. Jika dulu di Nonongan pasarnya masih sebatas konsumen di Solo dan sekitarnya, maka kini blognya sudah mampu menjaring konsumen dari berbagai kota, khususnya Ibukota. Banyak orang Jakarta yang menghubunginya jika hendak menggelar acara atau mengucapkan selamat untuk rekan dan kerabatnya di Solo. Boneka horta dapat dibuat berbagai macam bentuk, mulai dari binatang, bayi hingga tokoh animasi.

“Yaps, aku melakukannya semua secara otodidak, seperti gimana cara merawat bunga segar agar enggak cepat layu. Sedangkan pada umumnya, bunga bisa tetap segar kalau berada di lokasi dengan suhu sejuk. Selain itu, cari tempat referensi untuk memesan bunga segar juga selalu kulakukan. Biasanya, memang dari luar Kalimantan,” kata Owner of Sugar & Spice Florist Samarinda (@sugarspicespice) ini.