Save The Kids Indonesia

Afrika Selatan adalah negara di Afrika yang paling parah terdampak pandemi COVID-19. Pasien di rumah sakit dekat Cape Town ini adalah satu dari 1,4 juta warga yang telah terinfeksi virus corona. Varian baru yang dikenal sebagai B.1.351 atau 501Y.V2, meningkatkan kecemasan warga. Sama seperti varian Inggris, mutasi Afrika Selatan ini dianggap sangat menular. Anak-anak yang tumbuh di luar pengasuhan keluarganya sendiri berpotensi lebih besar mengalami gangguan kesehatan dan tumbuh kembang.

Sedangkan perilaku anak yang menggunakan smartphone adalah segala perbuatan atau tindakan yang dilakukan anak terhadap pemakaian smartphone. Efek penggunaan smartphone yang berkelanjutan pada masa pandemi covid-19 ini menimbulkan efek yang buruk terhadap perilaku anak jika tidak diimbangi dengan pengawasan yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Damaran Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, dengan mengambil subjek orangtua anak dan anak pengguna smartphone sebagai subjek penelitian.

Dalam uji klinis ini, mereka akan menguji keamanan, tolerabilitas, dan respons kekebalan yang dihasilkan oleh vaksin Pfizer. Jasra menyarankan agar lebih baik menumbuhkan kasih sayang yang memang sudah menjadi fitrah dan anugerah dari Sang Pencipta kepada setiap anak, yang dapat mendukung tumbuh dan kembangnya. Untuk mendalami bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembang anak di masa keemasannya, silakan membaca Tulisan Seri “Menyepuh Masa Emas Anak.” “Apa yang harus dilakukan adalah harus ada ajakan yang masif untuk masyarakat berani melawan terorisme. Gak boleh takut,” ujar Tika. Sedangkan dari sisi psikologis, menurut psikiater yang dikutip Halodoc, mengonsumsi foto-foto atau video korban dari sebuah ledakan apalagi yang tidak disensor bisa menyebabkan ketakutan dan menimbulkan gangguan kecemasan. Alasannya, gambar-gambar korban aksi teror bakal mengoyak rasa kemanusiaan seseorang.

Sebagaimana Muller menyatakan, “Kemitraan keluarga-sekolah dan masyarakat sedang mendefinisikan kembali batas-batas dan fungsi-fungsi pendidikan. Mereka memperbesar kapasitas orang tua dan komunitas; mereka menciptakan kondisi di mana anak-anak belajar lebih efektif. Dengan cara ini mereka mengambil pendidikan di luar gerbang sekolah” (Müller, 2009). Yoga adalah anak dengan Attention Deficit/Hyperactifity Disorder (AD/HD) yang tinggal di Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo setelah sanggar tempat ia belajar libur maka ia tidak memiliki kegiatan.

Pemerhati Kesehatan Jiwa Anak UNICEF, Ali Aulia Ramly mengatakan bahwa salah satu dampak dari pandemi pada anak dan remaja adalah adanya pembatasan sosial yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah potensi penularan virus COVID-19. Pembatasan sosial ini membuat muncul rasa takut yang berlebihan pada anak dan remaja karena banyaknya informasi yang mereka terima tentang pandemi ini. Pandemi Virus Corona memang menjadi momok yang menakutkan bagi orang-orang di seluruh dunia.

Asupannutrisi yang kaya akan sayuran dan buah-buahan tinggi beta karoten, seperti wortel dan jeruk, diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak untuk melawan infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Khawatir Mutasi Corona, Jerman Perpanjang Lockdown Hingga 7 Maret eleven.02.2021 Jerman memutuskan untuk memperpanjang lockdown hingga setidaknya 7 Maret akibar kekhawatiran mutasi corona. Swedia dan Denmark Siapkan Paspor Digital Vaksinasi Covid-19 Swedia hari Kamis (4/2) umumkan rencana pengembangan sertifikat digital vaksinasi corona yang bisa digunakan pada liburan musim panas tahun ini. Dengan suhu musim panas yang membumbung tinggi, banyak orang Australia menikmati berenang di laut. Tanda-tanda peringatan telah dipasang untuk mengingatkan pengunjung menjaga jarak sambil menikmati matahari, demi mencegah lonjakan infeksi baru. Hari Anak Internasional pertama kali ditetapkan pada tahun 1954 dan dirayakan setiap tanggal 20 November untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak.

Adapun jumlah kasus yang telah dikonfirmasi dan diumumkan oleh pemerintah Indonesia mencapai three.512 kasus. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 219 kasus baru dari hari sebelumnya. Kemudian, untuk pasien yang telah dinyatakan sembuh kini berjumlah 282 orang.

Dampak covid bagi anak-anak

Menurut information Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama yang diolah KPPPA, sejak Januari hingga Juni 2020, terdapat sekitar 34.000 permohonan dispensasi perkawinan yang masuk ke pengadilan agama. Sekitar 97% permohonan dispensasi itu dikabulkan, yang berarti perkawinan diizinkan. Permohonan dispensasi pada semester pertama tahun 2020 itu sendiri meningkat drastis dibanding dengan data slot online indonesia keseluruhan tahun 2019, yakni dengan 23.700 permohonan. Banyak hal yang menjadikan penyebab mengapa anak begitu rentan dalam kondisi darurat maupun kondisi pandemi COVID-19.

Berdasarkan penelitian tentang dampak non kesehatan dari Covid-19 bagi anak-anak di Indonesia yang dilakukan oleh UNICEF Indonesia, anak-anak turut menanggung dampak sosial dan ekonomi. Pandemi Covid-19 telah menyebar pada lebih dari 199 negara termasuk Indonesia. Menurut data yang dirilis covid19.go.id per 8 Mei 2020, virus ini telah menyebar di 34 provinsi dengan jumlah positif Covid-19 mencapai 12,776 kasus. Di antara kasus tersebut sebesar 1,1% merupakan balita usia zero-5 tahun dan 4,1% merupakan anak berusia 6-17 tahun. Anak-anak sebagai kelompok rentan terutama untuk pemenuhan hak dan perlindungan mereka.

Penyebabnya tidak jelas, tetapi para ilmuwan telah menemukan beberapa pasien memiliki antibodi yang menyerang jaringan mereka sendiri. NHS menawarkan pemeriksaan untuk orang dewasa dengan gejala yang sedang berlangsung, tetapi tidak untuk anak-anak. Dia menambahkan, “Dia berkedut, memiliki ruam di sekujur tubuh, wajahnya memerah dan kulit terkelupas dari tangan dan kakinya.” Seorang konsultan memberitahu keluarga Mani, dari Newcastle, mungkin mengidap Long Covid. Charlie dari Milton Keynes, berkata dia “berubah selamanya” dengan melihat anak-anaknya Mimi Indy , Beck , Emmett dan Nico , menderita Long Covid.