Pemerintah Intensifkan Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Lansia

Bamsoet menilai gotong royong tersebut mempercepat pelaksanaan vaksinasi, khususnya di DKI Jakarta. Mengakhir keterangan persnya, Menkes kembali mengingatkan seluruh masyarakat agar terus disiplin dari menerapkan protokol kesehatan. Orang yang sudah divaksinasi, imbuhnya, masih dimungkinkan untuk terkena virus namun efek yang ditimbulkan tidak akan parah. Menkes juga mengimbau seluruh masyarakat untuk mengajak anggota keluarganya yang berusia lanjut untuk mengikuti program vaksinasi. Begitu pula program vaksinasi Covid-19 yang dijalankannya oleh pemerintah saat ini. [Phil Noble/Pool/AFP]Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI untuk program vaksinasi, Siti Nadia Tarmizi mengatakan Indonesia akan kedatangan vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca.

Vaksin bagi lansia

Virus ini bisa bertambah kuat seiring dengan kekebalan tubuh lansia yang melemah. Komplikasi yang paling umum terhadap penyakit ini adalah neuralgia postherpetik, yang menyebabkan nyeri kronis selama berbulan-bulan setelah herpes zoster akut. Setelah tim medis menyuntikkan vaksin ke dalam tubuh, vaksin akan bekerja meniru terjadinya infeksi penyakit itu untuk memicu sistem imun tubuh membangun perlawanan terhadapnya. Hal ini kemudian membuat tubuh selalu bersiap atas serangan penyakit yang sebenarnya karena sudah “ingat” organisme mana yang berbahaya dan perlu diberantas.

Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk Lansia akan dimulai di ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia, di prioritaskan di Jawa – Bali. Liputan6.com, Gorontalo – – Demi meningkatkan minat warga untuk melakukan vaksinasi, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo terus melakukan berbagai, terutama untuk menjaring penerima vaksin Covid-19 dari kalangan lansia. Yunia mengatakan, pemberian vaksinasi pada sasaran, baik nakes, petugas layanan publik maupun lansia menyesuaikan dengan kuota vaksin yang diterima dari pemerintah pusat. Etik mengatakan pelaksanaan vaksinasi pada lansia diberikan bertahap menyesuaikan ketersediaan vaksin dari pemerintah.

Begitu urusan administrasi dan pengecekan kesehatan beres, mereka langsung divaksinasi. “Cepat. Hanya beberapa detik. Tidak sakit,” kata Ibu tadi menirukan ayahnya. Begitu selesai, mereka diminta menunggu sekitar setengah jam untuk observasi. “Apakah kondisi tersebut sudah terkontrol atau tidak. Bila sudah terkontrol, dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu screening kuesioner RAPUH.” lanjutnya. Namun dari tujuh vaksin COVID-19 tersebut, baru satu vaksin yang telah memperoleh persetujuan dalam kondisi darurat (Emergency Use Authorization/EUA) Badan POM, yaitu vaksin CoronaVac produksi Sinovac.

Geriatri.id–Kelompok lanjut usia menjadi prioritas sejumlah negara di dunia untuk vaksinasi COVID-19. Di Indonesia, vaksin Corona Sinovac yang sedang menunggu izin penggunaan darurat menyasar untuk rentang usia 18 sampai 59 tahun. Diberitakan sebelumnya, untuk cepat mencapai goal kekebalan kelompok , Dinas Kesehatan Ponorogo terus melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga bumi reyog. Bertempat di Ponorogo City Center , vaksinasi masih menyasar kepada warga lanjut usia .

Erik