Informasi Pendaftaran Vaksin Covid

Atas dasar itu, Perhimpunan Bank Umum Nasional dan Ikatan Bankir Indonesia mendukung percepatan program pemerintah dengan menyelenggarakan vaksinasi untuk para pekerja di sektor jasa keuangan. Hariyadi menambahkan kegiatan vaksinasi masal tahun depan memang bukan pekerjaan mudah dalam menjangkau seluruh masyarakat. “Namun, pandemi Covid-19 membuat banyak hal terjadi di luar kemampuan dunia usaha,” kata dia. Untuk vaksinasi mandiri, Kementerian BUMN menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

dan PT Bio Farma untuk menggarap infrastruktur teknologi vaksin mandiri ini, mulai produksi, pengiriman hingga penyuntikan ke finish user. Kolaborasi juga dilakukan dengan menggandeng Imunicare Bio Farma yang totalnya bisa memberikan vaksinasi sebanyak 1,6 juta jiwa. Sehingga, kemampuan vaksinasi mandiri ini jika ditotal bisa mencapai 16,02 juta per bulan dengan dosis yang dibutuhkan adalah sebanyak dua kali vaksin atau 32,05 juta jiwa. Dari jumlah itu, baru 60 persen kapasitas rumah sakit dan klinik swasta yang sudah siap. Jika mereka bisa dilibatkan, jumlah orang yang bisa divaksinasi mandiri bisa mencapai 13,6 juta orang per bulan.

Pembukaan preorder vaksin virus corona (Covid-19) jalur mandiri mulai dilakukan oleh beberapa rumah sakit di Indonesia. Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia DKI Jakarta Sarman Simajorang berharap pemerintah mematok harga yang terjangkau untuk vaksinasi mandiri. Adapun vaksinasi mandiri dikhususkan bagi pengusaha yang memiliki kemampuan untuk membeli vaksin. Hal tersebut berbeda dari vaksinasi program yang dilakukan di fasyankes milik pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat yang memenuhi syarat.

“Jadi ketika kita tahu NIK ini dibayarkan oleh perusahaan, otomatis selesai tanpa harus lakukan pembayaran,” ucapnya. Sistem pre-order ini, kata Soleh, bisa dilakukan oleh WNI atau WNA dengan mengisi NIK melalui aplikasi. Selanjutnya, masyarakat dapat memilih tempat tanggal, waktu, dan pembayaran. “Vaksin ini sangat terbatas, jadi gak bisa order a hundred ribu vaksin tapi gak ada demand yang real. Ini juga untuk hindari penimbunan,” ujar Soleh. Jika sudah ada informasi resmi dari pemerintah, pasien yang sudah terdaftar akan diinformasikan lebih lanjut lagi,” sambungnya. Aplikasi One Smile diharapkan dapat mempermudah aktivitas warga BSD City, baik yang tinggal di hunian yang berupa rumah tapak, unit apartemen, dan ruko yang telah terbangun.

Erick memperkirakan sekitar 7,5 juta dosis vaksin dibutuhkan untuk seluruh karyawan dari ribuan perusahaan yang sudah mendaftar tersebut. Pengidap TBC yang masih dalam perawatan, vaksinasi dapat diberikan setelah dua minggu menerima obat anti tuberkulosis. Jika saat skrining kesehatan, kamu mengalami demam atau suhu tubuh diatas 37,5 derajat Celsius, maka vaksinasi akan ditunda. Kamu akan diminta untuk melakukan pemeriksaan terkait gejala yang dialami dan mengunjungi pos kesehatan yang sama. Jika penyebabnya bukan COVID-19 dan suhu sudah kembali regular, maka vaksinasi bisa dilakukan dengan melakukan skrining terlebih dahulu.

Ketua Umum Kadin, Rosan Roeslani juga mengusulkan agar pemerintah membuka akses vaksin mandiri bagi dunia usaha. Menurutnya, semakin cepat vaksinasi selesai, maka proses pemulihan ekonomi nasional semakin cepat terwujud. Rencana pemerintah untuk menyelesaikan vaksinasi dalam satu tahun ditanggapi pihak swasta. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla melontarkan usulan agar pemerintah membuka opsi vaksinasi mandiri.