Four Jenis Vaksin Untuk Lansia, Plus Hal

“Untuk yang sudah terdaftar nantinya akan dipanggil oleh fasilitas kesehatan, dikonfirmasi sebelumnya melalui telepon, untuk dipastikan benar-benar sehat,” imbuhnya. Atas kejadian itu, Alin mengaku bahwa, Kemenkes RI sedang melakukan penelusuran informasi tidak benar tersebut. “Tidak betul informasi tersebut. Saya sudah bertanya ke Direktur Jenderal dan Direktur Kementerian Kesehatan . Bahwa pesan WhatsApp tersebut bukan dari Kemenkes,” kata Alin yang dikonfirmasi, Senin (1/three). Sasaran bisa menunggu di dalam mobil maupun di tenda yang telah disediakan. Selama observasi, kaca mobil harus diturunkan guna memudahkan petugas melakukan pemantauan dan jika ada keluhan, sasaran diminta untuk membunyikan klakson sebagai tanda bagi para petugas.

“Kalau hari ini ada 141 lansia yang disuntik vaksin. Sebelumnya Tiga hari lalu pendaftaran kita trial. Perbaikan terus berjalan. Setelah terdaftar, kami kirim ke Kemenkes, selanjutnya kami panggil mereka untuk divaksin,” papar Hargiyanto. Sebelum vaksinasi, warga dihimbau mendaftarkan keluarganya yang lansia untuk ikut vaksinasi melalui website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen. Setelah itu lansia akan menerima SMS notifikasi dan penjadwalan vaksinasi beserta lokasi Fasilitas Kesehatannya. Walkot Jakut Ali Maulana Hakim memastikan antrean vaksinasi untuk masyarakat golongan lansia aman terkendali.

“Alhamdulillah, selama vaksinasi ini, KIPI sedang hingga berat tidak ada,” katanya. Setelah mendaftar, kata Avy, undangan vaksinasi akan dikirim melalui WhatsApp ke nomor telepon seluler yang didaftarkan. Selanjutnya, lansia yang sudah terdaftar bisa datang ke lokasi vaksinasi yang sudah ditentukan, dan sesuai jadwal yang sudah dikirimkan. Untuk mencegah kejadian terulang, RSUD Kembangan pun menurunkan sejumlah personil untuk membantu mereka yang kesulitan mendaftar secara on-line.

Vaksin bagi lansia

Dwijo adalah seorang dokter spesialis psikiatri yang tahun ini akan menginjak usia yang ke-71 tahun. Sampai saat ini ia masih aktif bekerja di Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta, dan aktif pula menjalankan praktek di Smart Kid Clinic yang ia dirikan. Mari kita daftarkan Keluarga yang berusia 60 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. “Untuk individu dengan penyakit kronis diperlukan evaluasi lanjutan apakah kondisi tersebut sudah terkontrol atau tidak. Bila sudah terkontrol, dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu screening kuesioner RAPUH,” tutur Dokter Sherrvy melalui aplikasi Instagram Live, Senin (22/2).

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengungkapkan, pelaksanaan vaksin untuk lansia tersebut dibuka dari jam eight.00 sampai dengan jam sixteen.00 Wita. Terkait dengan pelaksanaannya, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan juga telah menyiapkan fasilitas kesehatan . “Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi,” kata Alin. Ditahap awal, pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia dipusatkan di ibukota provinsi, terutama di Pulau Jawa dan Bali.

Ada dua mekanisme vaksinasi yang akan dilakukan, salah satunya harus mendaftar dulu di web site Kementerian Kesehatan RI. Lansia akan diberikan vaksin COVID-19 sebanyak 2 kali dengan selang waktu 28 hari. Pemberian dua dosis vaksin COVID-19 dimaksudkan agar imunitas terhadap virus Corona bisa terbentuk secara maksimal. Berdasarkan uji klinis yang telah dilakukan, vaksin Sinovac sudah terbukti aman dan efektif pada lansia. Efikasi vaksin Sinovac untuk lansia pada uji klinis ini bahkan mencapai ninety eight%. Organisasi atau instansi dapat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal untuk peserta lanjut usia.

Selanjutnya pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Misalnya, menggandeng organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri, atau Veteran Republik Indonesia atau organisasi keagamaan/kemasyarakatan. Begitu urusan administrasi dan pengecekan kesehatan beres, mereka langsung divaksinasi.