Dewi Ardhiani Anastasia Citra Berhasil Sabet Gelar Girl Grandmaster

Dilansir dari fabfit, Chelsie Monica menyebut permainan catur wajib memiliki kerajinan dan kesabaran. Kala itu, Chelsie Monica terjun ke dunia catur setelah melihat permainan sang ayah. Ternyata ada bakat besar dari Chelsie Monica untuk membuat strategi di antara bidak. Chelsie Monica merupakan atlet catur Indonesia yang punya berderet prestasi. Corporate Affairs Director JAPFA, Rahmat Indrajaya menambahkan, sejak tahun 2000 pihaknya terus berkomitmen untuk memajukan percaturan Indonesia. Ia berharap, dengan turnamen ini, atlet catur Indonesia bisa menaikkan degree bertandingnya.

Dadang sebelumnya tidak terima pernyataan Irene Kharisma Sukandar tentang dirinya yang mencoreng para pemain catur Indonesia di kancah internasional. “Ini turnamen catur internasional yang pertama di Solo sejak Piala Ibu Tien pada 1982,” kata Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto di Jakarta, Senin. “Setelah 36 tahun, sekarang kami ke sana lagi untuk melangsungkan turnamen internasional.” Kocaeli – Impian masyarakat catur Indonesia untuk memiliki Woman Grandmaster kedua tercapai juga pada Senin (23/9).

Woman Grand Master chess

Selain untuk menemukan bibit pecatur, turnamen tersebut juga untuk melatih para atlet menjadi seorang Grand Master di masa depan. Lebih lanjut, Utut mengatakan, turnamen seperti ini harus terus digalakkan agar bisa memberi peluang pecatur Indonesia meningkatkan prestasi. Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengatakan, dalam turnamen ini hanya pecatur berprestasi saja yang diikutkan.

“Mencari dan melatih bibit unggul merupakan kunci untuk keberhasilan prestasi catur Indonesia di masa datang,” lanjutnya. Ditegaskan Rachmat, Indonesia membutuhkan Grand Master muda dan potensial untuk mengukir nama Indonesia di kancah internasional. “Sebelumnya JAPFA telah mendukung Tim Indonesia untuk Asian Chess Championship Fide Zone 3.3 di Ulanbataar. Di ajang tersebut, Tim Indonesia berhasil meraih dua tiket menuju Piala Dunia Catur 2019,” ujar Rachmat, di Hotel Century Senayan, Jakarta, Senin (10/6). “Mencari dan melatih bibit unggul merupakan kunci untuk keberhasilan prestasi catur Indonesia di masa datang,” jelasRachmat Indrajaya.

“Kita seleksi dari awal ada 385 atlet. Nanti akan kita kerucutkan jadi 6 putri dan 6 putra untuk Porprov 2022 nanti,” sebutnya. Sementara itu, Medina Warda Aulia pun tak ketinggalan memberikan komentarnya. Dia mengaku sangat gembira dan berterima kasih mendapat kesempatan untuk terlibat dalam kompetisi ini.