Cara Vaksin Covid

Lagi-lagi, mayoritas menyarankan untuk cek di layanan Pedulilindungi.id, yang ternyata juga tidak banyak membantu. Banyak yang statusnya ‘Siap untuk vaksinasi’, tetapi tidak ada informasi apapun tentang jadwal penyuntikan. Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan bahwa untuk saat ini pendaftaran vaksinasi lansia memang tidak dilakukan melalui aplikasi. Gantinya, Kemenkes membuka beberapa link pendaftaran melalui situs kemenkes. Cara daftar vaksinasi COVID-19 misalnya, masih banyak yang yang mengarahkan ke aplikasi maupun website PeduliLindungi.id.

Cara Vaksin Covid

“Yang lebih penting lagi penyelenggaranya begitu taat dengan protokol kesehatan yang salah satunya diatur betul jarak dan alur vaksinasinya mulai dari tahap registrasi sampai observasi pasca-vaksinasi.” kata Ali. “Kami mendukung pemerintah yang saat ini memprioritaskan lansia dalam pemberian vaksin sebagai kelompok usia rentan dan berbahaya apabila terkena COVID-19.” ujar Michael Buyung dalam keterangan persnya. Michael menambahkan, Kalbe akan mendukung dan berpartisipasi menyelenggarakan vaksinasi kembali untuk kelompok usia lain di luar lansia, bila sudah tiba waktunya. Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Michael Buyung mengungkapkan program vaksinasi ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan pemberian vaksin COVID-19, untuk menekan laju penyebaran virus Corona.

Berdasarkan New York Times (thirteen/1/2021) Sinovac menggunakan metode inactivated untuk mematikan virus Covid-19. Sehingga vaksin ini tak mengandung virus hidup atau yang dilemahkan. Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Jika terdapat tiga atau lebih jawaban “Ya”, maka vaksin Covid-19 untuk lansia tidak bisa diberikan. Tidak hanya itu, organisasi keagamaan atau organisasi kemasyarakatan juga bisa menyelenggarakan vaksinasi, asalkan mereka telah bekerja sama dengan Kemenkes atau Dinkes setempat. Vaksin Covid-19 untuk lansia sudah bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri ke situs pemerintah.

Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani. Untuk menghindari kerumunan, jangan datang terlalu cepat atau terlalu terlambat dari jam penjadwalan. Jika kamu mengantar orangtua atau kakek dan nenek kamu, maka kamu bisa mendapatkan vaksin Covid-19 juga. Kebijakan ini dikemukakan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Dilansir dari Kompas.com, Setelah selesai melakukan vaksinasi, dia mendapatkan SMS dari nomor 1199 yang menyatakan telah berhasil melakukan vaksinasi. SMS itu berisi nama lengkap, NIK, nomor tiket vaksin, jadwal vaksin kedua lengkap dengan tanggal dan lokasi vaksinasi. Untuk orang yang menerima vaksinasi lain selain COVID-19, vaksinasi harus ditunda sampai satu bulan setelah vaksinasi sebelumnya.

Sebelum menjelasan cara pendaftaraan vaksinasi, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa belum semua golongan masyarakat Indonesia bisa menerimanya. Program vaksinasi tahap pertama ini baru diberikan untuk kelompok prioritas pertama seperti tenaga kesehatan, TNI, Polri, aparat hukum, dan pelayanan publik. Bagi kelompok prioritas yang akan mendapat vaksinasi free of charge, perlu memperhatikan cara mendapatkan vaksin COVID-19 sesuai Juknis dengan melakukan registrasi. Total ada 6 kelompok prioritas penerima vaksin, untuk yang pertama adalah paramedis, TNI, Polri, aparat hukum, dan pelayanan publik sebanyak 3,four juta orang dengan whole kebutuhan 6,9 juta dosis. Penerima vaksinasi Covid-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WA itu dengan mengetik kata kunci ‘vaksin’.

Jadi, secara umum memang suntikan hanya satu kali tentu lebih memudahkan daripada harus disuntik dua kali. Contohnya, vaksin Johnson & Johnson yang hanya satu kali suntik yang diumumkan hasil ujinya di AS pada 30 Januari 2021. Efikasinya secara world sixty six persen dan hasil uji klinik di AS 72 persen. Bahkan, ada dua kandidat vaksin yang sedang dalam penelitian untuk diberikan dalam bentuk oral, diminum tanpa harus disuntikkan. Tentu, amat memudahkan penggunaannya di lapangan kalau memang nanti tersedia.