Cara Mengatasi Krisis Percaya Diri Dengan Langkah Tepat

Bank Negara Indonesia dibentuk untuk melaksanakan koordinasi dalam pengurusan bidang ekonomi dan keuangan. Selain itu, BNI juga bertugas mengatur nilai tukar ORI terhadap valuta asing. Tindakan tersebut disetujui oleh pemerintah pusar dan dilakukan dengan tujuan mengatasi masalah kekurangan pasokan uang tunai karena sulitnya hubungan pemerintah pusat dengan daerah. Tindakan mencetak uang daerah tersebut salah satunya dilakukan oleh Teuku Moh. Hassan, Gubernur Sumatra yang mengeluarkan Oeang Repoeblik Indonesia Provinsi Soematra pada tanggal 12 Desember 1947.

Salah satunya terlontar dari mulut mantan winger Argentina, Franco Causio. Pemulihan ekonomi bukan sekadar perbaikan profil Produk Domestik Bruto. Bahkan, pemulihan ekonomi sudah semestinya dilakukan dalam kerangka perbaikan kualitas perekonomian.

Perubahan radikal tersebut tentu berkat adanya pemimpin organisasi yang memiliki kemampuan adaptasi tinggi. Ia akan menggerakkan organisasi dengan cepat agar bisa beradaptasi terhadap perubahan. Secara teori, jawaban atas pertanyaan itu, organisasi tersebut memiliki kemampuan adaptasi yang lebih tinggi dari organisasi lain.

Namun, faktor utamanya bukan semata-mata krisis, akan tetapi juga dipicu oleh kesalahan pengelolaan bank oleh pemilik lama. Pemerintah memutuskan untuk menyelamatkan Bank Century dengan pemberian bailout sebesar Rp6,7 triliun. Keputusan itu mendatangkan permainan online pro dan kontra, bahkan DPR sampai menggunakan Hak Angket untuk mempertanyakan keputusan bailout Bank Century tersebut. Boediono menuliskan, situasi perekonomian saat itu menjadi semakin sulit karena tidak diberlakukannya penjaminan dana nasabah secara penuh (Hlmn. 229).

Mengatasi krisis keuangan

Pada saat itulah, dunia tidak percaya dengan nilai rupiah sebagai mata uang yang disepakati bersama. Sampai akhirnya, nilai tukar rupiah anjlok dari yang tadinya Rp 4.850/ 1 USD tahun 1997, terjun bebas sampai hampir mendekati Rp 17.000/ 1 USD pada Januari 1998. Itulah kurang lebih illustrasi dari keadaan ekonomi, nah lalu apa itu krisis ekonomi? Supaya lebih kebayang dengan konkrit, mungkin gua bisa ceritain sedikit tentang krisis ekonomi yang pernah dialami Indonesia. Dengan asumsi penghasilan rumah tangga hanya bersumber dari bisnis, maka yang harus dibenahi terlebih dahulu ialah keuangan bisnis.