Bekerja Di Rumah Bersama Anak, Bagaimana Agar Tetap Produktif?

Para ibu bisa menerapkan sistem pre order untuk menekan modal yang dikelurkan . Bisa pula menjualnya secara online atau dengan memanfaatkan GoFood dan GrabFood. Selain itu, makanan packing umumnya bisa kamu iklankan di berbagai situs e-commerce atau menjadi dropshipper. Enning bersyukur, menjadi ibu pekerja justru membuat anaknya mandiri.

Ayah dan ibu mempunyai tanggung jawab yang sama dalam mengasuh, mendidik dan melindungi anak-anaknya, walaupun dalam pelaksanaannya, peran ibu lebih dominan dalam perawatan dan pengasuhan. Untuk itu perlu kesadaran dan kesepakatan bersama adanya pembagian tugas yang bijaksana baik dalam pengasuhan anak maupun dalam urusan rumah tangga. Misalnya saja suami dan istri mempunyai jadwal rutin bekerja dari pagi sampai sore hari dan keluarga tersebut yang mempunyai anak bayi. Sang istri sebelum berangkat kerja sudah memerah ASI dan menyimpannya di kulkas.

Jadi komunikasi yang baik antara ibu bekerja dan sang suami sangat perlu dibangun. Bersama dengan anaknya yang masih berusia tiga tahun itu, Trudeau tak merasa risih dalam melakukan pekerjaannya. Ia bahkan menyempatkan diri melalukan permainan petak umpet dengan si bungsu. Sebagai seorang politisi dengan standing sebagai pemilik jabatan tertinggi di Kanada, Trudeau dianggap tidak lantas melupakan keluarga.

Meski begitu, Anda tetap bisa mengajak diskusi atasan atau pihak HRD terkait kondisi Anda. Sampaikan dengan jujur dan jelas apa saja kebutuhan Anda, misalnya tidak bisa pulang larut malam, dan pastikan bahwa Anda tetap bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Karena itu penting bagi Anda untuk mengatur arus uang keluar dan masuk agar seimbang demi kelancaran usaha Anda di masa depan. Jika Anda hanya memiliki waktu di malam hari, komunikasikan hal tersebut, dan konsekuensinya Anda tentu harus menepatinya.

Pekerjaan yang tetap bisa membuatmu mengurus keluarga itu gak sedikit kok. Selain menjadi penulis, kamu bisa mencoba bekerja menjadi editor. Terkadang kamu tak akan dikenankan beban untukngantortiap hari kok. Biasanya kamu hanya perlu datang saat akhir pekan atau rapat-rapat saja. Kesibukan padat seringkali bikini kamu orang jadi malas mencuci. Hal ini bisa menjadi alasan untuk membuka jasa pencucian baju alias laundry.

Bekerja sambil mengasuh

Usaha toko kelontong dikenal mudah dikerjakan dan tidak butuh keahlian khusus. Kelebihan lainnya, tidak membutuhkan modal yang terlalu besar namun perputaran keuntungan cukup cepat. Mengingat sembako adalah bahan-bahan pokok yang sehari-harinya dibutuhkan orang. Bahkan ketika usaha Anda semakin dikenal, bukan mustahil, Anda bisa mendapatkan orderan dalam jumlah banyak untuk baju seragam sekolah, seragam kantor, seragam komunitas dan sebagainya. Menjahit butuh keahlian khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi dalam pengukuran hingga menjadi pakaian yang diinginkan.

Sementara tempat penitipan anak yang bagus biasanya memiliki jam buka yang fleksibel, punya ruang terbuka, izin usaha yang terbaru, dan para pekerja yang berkompeten. Wanita karier yang juga berkeluarga sudah bukan lagi termasuk fenomena mencengangkan di zaman trendy seperti sekarang. Namun, memang tak dapat disangkal bahwa menjalani dua peran penting sekaligus itu sulit. Tak sedikit ibu-ibu yang merasa dilema untuk membagi waktu seadil-adilnya untuk anak, suami, dan pekerjaannya.

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang mendapatkan ide usaha untuk menjalani pekerjaan rumahan tanpa mengorbankan waktu dan momen berharga bersama si kecil. Tidak jarang bahakan ide usaha tersebut menjanjikan pendapatan yang tidak sedikit. Membuka usaha menjadi salah satu pikirang yang kerap tercetus bagi ibu rumah tangga yang tak ingin bekerja kantoran dan meninggalkan anak. Para ibu ingin agar tetap bisa mengurus anaknya penuh waktu namun juga mandiri secara finansial. Karena itulah ide usaha bagi para ibu rumah tangga adalah tema yang selalu menarik untuk dibahas.

Ia menyarankan agar Mama mengambil istirahat selama 10 menit untuk setiap satu jam waktu bekerja. Brie mencontohkan, misalnya saat Mama akan melakukan conference call. Beritahu rekan-rekan kerja atau klien Mama bahwa sewaktu-waktu akan ada kemungkinan anak Mama masuk ke ruangan, atau berseliweran di dalam. Jadi, beri mereka pemahaman bahwa Mama bisa jadi tiba-tiba harus berhenti sekejap untuk menangani si Anak, dan kemudian akan kembali melakukan percakapan dengan rekan kerja Mama. Bagi para orangtua yang diminta kantornya untuk bekerja di rumah, menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan rumah menjadi tantangan besar tersendiri selama covid-19 masih merajalela.

Erik