Banggar Dpr Desak Pemerintah Beri Vaksin Gratis Ke Semua Masyarakat

Sementara untuk vaksinasi dosis kedua, pemerintah masih punya waktu untuk pengadaan vaksin selanjutnya. Dengan demikian, program vaksinasi di Indonesia dapat dilakukan secara bersamaan, baik untuk populasi dewasa maupun lansia. Untuk itu, jatah vaksin yang tersedia untuk vaksinasi dosis kedua dialihkan untuk penyuntikan dosis pertama penerima vaksin yang lebih luas.

Sedangkan di Brazil, uji klinik fase III melibatkan 600 orang lansia, dan hasilnya menunjukkan vaksin cenderung aman, dan tidak ada efek samping yang serius. Secara terpisah, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Penny S Lukito, mengungkapkan pihaknya telah mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk masyarakat berusia 60 tahun ke atas pada 5 Februari 2021. “Kita masih ingin melakukan cek dan ricek sekali lagi untuk memastikan apakah itu konsisten, di seluruh provinsi yang vaksinasi nakesnya tinggi. Jateng adalah provinsi yang paling cepat dan paling agresif memvaksinasi nakesnya,” katanya. Kebijakan pemerintah itu diambil menyusul adanya izin otorisasi penggunaan darurat (emergency use of authorization/EUA) dari BPOM untuk penggunaan vaksin Sinovac atau CoronaVac untuk warga berusia di atas 60 tahun.

Vaksin dari pemerintah

“Vaksin terbuat dari mikroba yang dilemahkan atau mati, toksin atau dari protein permukaan. Dokter Iqbal menilai, memperpanjang jarak vaksin COVID-19 pertama dan kedua menjadi 28 hari memang memiliki sisi negatif. Salah satunya, menurut dia, dosis pertama pada sebagian orang mungkin belum sepenuhnya membentuk antibodi yang kuat untuk melawan virus corona. Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan perpanjangan interval vaksinasi COVID-19 tersebut didasari oleh tujuan-tujuan tertentu. Dikutip dalam Daily Sabah, Turki adalah salah satu negara yang telah mengumumkan akan memperpanjang interval vaksin COVID-19 menjadi 28 hari.

Misalnya, seseorang mendapatkan vaksin Sinovac yang harus diberikan dalam 2 dosis. Pendanaan untuk pelayanan kesehatan bagi penerima Vaksin Covid-19 yang mengalami gangguan kesehatan akibat Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi Covid-19 dibebankan pada anggaran Kementerian Kesehatan atau program Jaminan Kesehatan Nasional. “Jenis vaksin gotong royong tidak akan menggunakan vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, vaksin Novavax, dan vaksin Pfizer,” kata Nadia dalam konferensi pers vaksinasi gotong royong melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Jumat (26/2/2021). Disebutkan pula, penerima suntikan vaksin gotong tidak dipungut biaya atau gratis, sesuai bunyi Pasal three ayat . KOMPAS.com – Pemerintah secara resmi telah mengeluarkan aturan mengenai vaksinasi mandiri atau yang disebut dengan vaksinasi gotong royong.

Dalam kesempatan ini, Budi juga mengungkapkan bahwa terdapat dua provinsi yang tren kasus positif COVID-19 di kalangan tenaga kesehatan menurun setelah dilakukan vaksinasi. Namun, Budi belum mau menjelaskan lebih lanjut karena masih dilakukan berbagai observasi. Kementerian Kesehatan akan memvaksinasi para tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan izin penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia. Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera ini juga sempat mempertanyakan, apakah pemerintah dan holding BUMN farmasi sudah membangun sistem pendataan, distribusi, pelaksanaan, serta edukasi vaksinasi yang benar bagi warga Indonesia secara keseluruhan. “Kami mendukung dan membantu mengawal program pengadaan vaksin untuk masyarakat secara free of charge sesuai keputusan presiden Jokowi,” kata Bang NK. Indonesia sendiri diperkirakan membutuhkan sekitar 420 juta dosis vaksin untuk memenuhi kebutuhan 181,5 juta sasaran vaksinasi.

Vaksinasi adalah program yang saat ini menjadi prioritas utama pemerintah dalam penanggulangan pandemi covid-19 di tanah air, untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus penyebab covid-19. Tenaga Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Donny Budi Utoyo mengatakan, pemerintah sudah fokus pada penanganan hoaks. Baik hoaks soal vaksinasi covid-19, maupun hoaks tentang kabar lainnya yang dinilai dapat menyesatkan masyarakat.